Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pentingnya Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Februari 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Puskesmas Baamang II Desliana Eka Maulitita memaparkan pentingnya vaksin booster kedua untuk masyarakat.

"Vaksin ini untuk meningkatkan daya imunitas kita terutama untuk masyarakat. Makannya lansia diprioritaskan karena mereka yang beresiko banyak penyakit penyerta supaya daya tahan tubuhnya kuat tidak tertular," ujarnya, Rabu, 1 Februari 2023.

Sebelumnya, vaksin booster kedua hanya diperuntukkan tenaga kesehatan dan lanjut usia (lansia) karena keterbatasan vaksin. Namun sejak ada surat edaran Kementrian Kesehatan (Kenkes) vaksin booster kedua sudah mulai dilakukan untuk masyarakat umum pada 24 Januari 2023.

"Untuk umum syaratnya usia minimal 18 tahun dan minimal jaraknya 6 bulan dari vaksin booster pertama," ujarnya. 

Ia menambahkan, efek samping seperti vaksin pada umumnya. Biasanya deman, nyeri setelah disuntik atau ada bengkak setelah penyuntikan dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun pihaknya menilai vaksin booster kedua yang dilakukan pertama kali 24 Januari hingga 31 Januari ini masih sepi peminat karena masyarakat menilai cukup dengan vaksin booster pertama saja.

Hingga saat ini kasus covid-19 masih ada meskipun telah melandai. 

"Kasusnya ada saja namun tidak setinggi yang dulu," kata Desliana. 

Ia menambahkan,  yang terpapar hanya menimbulkan gejala ringan sehingga cukup isolasi mandiri. Hal ini karena yang terpapar telah melakukan vaksin. 

"Yang belum vaksin resiko parah masih tinggi terutama yang memiliki penyakit penyerta comorbid usia lanjut diatas 60 biasanya gejalanya masih berat. Bulan kemarin ada yg masih ada diisolasi di rumah sakit," pungkasnya. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru