Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Terus Dorong Pengembangan Produk Unggulan Daerah

  • Oleh Nopri
  • 01 Februari 2023 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) terus mendorong pengembangan produk unggulan yang ada daerah seluruh kabupaten dan kota agar mampu menembus pasar domestik.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta para bupati dan wali kota untuk dapat memperluas pangsa pasar produk unggulan daerah. Khususnya pada produk hasil produksi industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

"Kita harus mampu memaksimalkan hasil ekspor, jangan sampai nanti sumber dayanya ada di Kalimantan Tengah, tapi masyarakat Kalimantan Tengah hanya menjadi penonton saja. Kita harus mampu ekspor langsung," katanya, Rabu, 1 Februari 2023.

Hingga saat ini beberapa komoditi unggulan daerah yang masih dikirim melalui pelabuhan luar Kalimantan Tengah. Padahal di provinsi setempat sudah memiliki pelabuhan pengiriman yang telah layak dan sesuai standar.

"Seluruh sumber daya ini kita punya, namun kenapa ekspornya masih dari pelabuhan luar Kalimantan Tengah. Padahal kita punya pelabuhan sendiri. Harusnya kita sudah mampu untuk ekspor mandiri," jelasnya.

Dia mengharapkan, bupati dan wali kota agar dapat bersama-sama berupaya mempercepat pembangunan hilirisasi industri. Pembangunan hilirisasi industri akan memiliki banyak dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Ini tanggung jawab kita bersama. Kita harus sama-sama berjuang agar sumber daya alam yang ada ini dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Jangan sampai malah daerah lain yang malah menikmati hasil bumi kita," tutupnya. (NOPRI/H)

Berita Terbaru