Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Bartim Harap Perda Desa Wisata Berkontribusi Positif pada Peningkatan Pendapatan Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Februari 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh berharap, rancangan peraturan daerah atau raperda inisiatif DPRD tentang Desa Wisata yang kelak menjadi peraturan daerah atau perda, mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, penyerapan tenaga kerja maupun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Wabup saat menyampaikan pendapat akhir kepala daerah terhadap raperda inisiatif DPRD tentang Desa Wisata, dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD Barito Timur, Depe, Kamis, 18 Februari 2023.

"Terbentuknya perda tentang Desa Wisata merupakan kesadaran akan pentingnya mengembangkan perekonomian di Barito Timur yang berdaya saing dengan memberdayakan ekonomi kerakyatan," kata Wabup.

Dia menjelaskan, dengan pengembangan Desa Wisata yang berbasis kebudayaan lokal, maka diperlukan peraturan khusus yang mengatur tentang desa wisata.

Barito Timur memiliki banyak kekayaan alam maupun ragam tradisi budaya dengan segala keunikannya yang sangat potensial untuk dieksplorasi dan dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata yang diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Potensi wisata yang lokasinya ada di desa perlu terus ditumbuh kembangkan agar
dampak pembangunan pariwisata bagi masyarakat dapat dirasakan. Dengan melihat potensi yang ada di suatu desa, maka salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah menetapkannya melalui suatu regulasi dalam hal ini perda tentang Desa Wisata," tandasnya.

Penyampaian pendapat akhir kepala daerah kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan keputusan pimpinan DPRD dan penandatanganan berita acara persetujuan bersama atas raperda Desa Wisata. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru