Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bunda PAUD Harus Bersinergi dengan Lintas Sektor Ciptakan PAUD Berkualitas

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 Februari 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menilai bahwa peran seorang Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangatlah berat, sehingga untuk menciptakan PAUD yang berkualitas seorang Bunda PAUD harus bersinergi dengan lintas sektor dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Diperlukan pendukung bagi Bunda PAUD dalam melaksanakan tugas berat di daerah yaitu dengan membentuk kelompok kerja Bunda PAUD yang terdiri dari berbagai unsur lintas sektoral yang kesemuanya bersatu padu untuk menciptakan layanan PAUD holistik integratif bagi anak usia dini, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur," ungkapnya, saat menghadiri pengukuhan kelompok kerja Bunda PAUD di Rumah Jabatan Bupati, Senin, 20 Februari 2023.

Dia menuturkan, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan memiliki Bunda PAUD yang diserahi tugas dan tanggung jawab untuk turut memastikan setiap anak di wilayahnya memperoleh layanan PAUD yang holistik dan integratif.

"Mulai dari memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, sehingga haknya sebagai warga negara Indonesia terlindungi sejak dini, memastikan tidak ada anak usia dini yang stunting, mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita, serta banyak lagi tugas-tugas lain yang tentunya sangat berat jika dilakukan sendiri oleh Bunda PAUD," jelasnya.

Meskipun demikian, dirinya mengingatkan bahwa pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi tanggung jawab bersama sebagai masyarakat dan orang tua.

"Maka semestinya kita bersama-sama berperan aktif mensukseskan  pendidikan anak usia dini sesuai dengan peran masing-masing," pungkasnya.

Sementara, Bunda PAUD Kotim Khairiah Halikinnor mengharapkan, terbentuknya kelompok kerja Bunda PAUD dari berbagai lintas sektor tersebut dapat menciptakan pelayanan yang berkualitas di daerah ini.

"Saya juga berharap dengan didukungnya Pokja Bunda PAUD bisa mempercepat sinergi seluruh pihak terkait dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas di kabupaten Kotawaringin Timur yang tercinta ini," katanya. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru