Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisaris Telkom: Starlink Solusi bagi Daerah Blank Spot

  • Oleh ANTARA
  • 21 Februari 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Makassar - Komisaris PT Telkom, TBK. Rizal Mallarangeng mengatakan, Starlink menjadi solusi untuk daerah yang masih berstatus blank spot dan belum memiliki fasilitas jaringan internet.

"Dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, PT Telkom telah memiliki Starlink yang merupakan WiFi satelit yang dapat dipasang di manapun, di desa terpencil atau pulau," kata Komisaris PT Telkom A Rizal Mallarangeng disela Pelatihan Jurnalistik dan Business Update Transformasi Telkom Indonesia di Makassar, Senin.

Menurut Rizal yang didampingi Executive Vice President Regional 7 Telkom , Agus Yudha Basuki, perusahaan BUMN ini membuat fasilitas baru yang membuat seluruh jengkal Indonesia bisa berhubungan dengan internet cepat dan terpercaya.

Karena itu, untuk menjangkau lokasi yang sulit tidak lagi menggunakan radio atau fiber optik lewat kabel bawah laut dengan segala macam tantangan di lapangan.

"Jadi Starlink ini bisa menjangkau pulau-pulau terpencil atau gunung-gunung ya, sementara radio atau kabel optik kalau menjangkau dia
terbatas," katanya.

Dia mengatakan, dari segi biaya dan efektifitas pemasangan alatnya jauh lebih efisien, tidak membutuhkan biaya miliaran rupiah dan pemasangan alatnya hanya sekitar lima menit.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, Starlink ini menjadi peluang bagi pemerintah daerah yang selama ini terkendala dengan pemenuhan akses jaringan internet untuk masyarakatnya.

Hal tersebut dibenarkan Agus yang wilayah kerjanya membawahi Divre 7 meliputi Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Papua Barat Daya ini.

Dia mengakui, masih banyak daerah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) belum memiliki akses jaringan internet, khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau terluar.

"Kami siap membantu kepala daerah yang membutuhkan akses internet dengan cepat dan pemasangan alat lebih cepat," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru