Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Keluhkan Pelayanan Pembaruan SKT di Kelurahan Baru

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Maret 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelayanan pengurusan terkait pembaruan Surat Keterangan Tanah (SKT) di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mendapat sorotan dari masyarakat.

Pasalnya, warga yang ingin melegalitaskan tanah yang sudah dibeli, merasa dipersulit dan seakan tidak dikayani oleh pihak kelurahan. Seperti yang dialami Zulfikar Putra warga Pangkalan Bun.

"Kami ini mengurus permohonan pembaruan SKT lama dan mengambil sisa lahan yang ada, tapi tidak dilayani," ucap Zulfikar Putra dengan nada kesal," pada Rabu, 1 Maret 2023.

Pihaknya justru disuruh menunggu, dengan alasan yang tidak jelas. Seharusnya, saat pihaknya datang mengajukan permohonan mendapat pelayan yang baik, seperti di kantor kelurahan lain.

Zulfikar Putra yang berprofesi sebagai developer ini mengungkapkan, bahwa ia sudah sering memohon pelayanan yang sama di kantor lelurahan. Dimana, saat ada pemohon, itu pihak kelurahan melayani dengan baik dan menjelaskan secara rinci, tata letak peta tanah yang ada suratnya itu.

"Ini kami hanya disuruh menunggu, katanya bersengketa. Tapi kita tidak ditunjukkan sengketa dengan siap, surat atau dokumennya mana," ungkapnya.

Kalaupun tanah itu bersengketa, pihaknya juga akan menyelesaikannya secara keperdataan dengan dokumen yang ada. Sehingga jelas kepemilikan tanah tersebut.

Tentu, hal ini menjadi pertanyaan besar pihaknya, mengapa pihak kelurahan seolah tidak melayani dengan baik.

Sementara itu, pihak kantor Kelurahan Baru belum dapat memberikan keterangan perihal hal tersebut, lantaran ada pergantian pimpinan dan belum dilaksanakan serah terima jabatan.

"Mohon maaf, kami belum bisa memberikan keterangan. Karena pimpinan lama kami sudah berganti, dan belum serah terima jabatan," kata Plt Sekretaris Lurah Hasan kepada Borneonews. (DANANG/H)

Berita Terbaru