Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha di Palangka Raya Diminta Utamakan Rekrut Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Hendri
  • 06 Maret 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah meminta kepada para pelaku usaha dan pengusaha agar lebih mengutamakan tenaga kerja lokal. Hal itu sebagai langkah untuk menekan jumlah pengangguran.

"Akibat pandemi yang terjadi selama kurang lebih tiga tahun kemaren banyak masyarakat kita kehilangan pekerjaan. Karenanya kita meminta pengusaha yang ada di sini utamakan tenaga kerja lokal," katanya, Senin, 6 Maret 2023.

Jika kemudian ada persoalan profesionalitas kata dia, maka pihak perusahaan bisa bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di Dinas Tenaga Kerja untuk melatih calon karyawan agar layak bergabung dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.

"Secara hukum kan juga jelas ya, perusahaan wajib menyalurkan CSR untuk pemberdayaan masyarakat lokal termasuk juga untuk pengembangan SDM. Bisa digunakan cara itu untuk meningkatkan kemampuan masyarakat lokal," ujarnya.

Menurutnya, tingginya angka pengangguran saat ini menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder terkait. Ia pun meminta agar adanya kolaborasi dan koordinasi secara intens.

“Ini merupakan tanggung jawab bersama, artinya tidak hanya pemerintah saja yang dituntut menyelesaikan persoalan yang ada saat ini, namun juga stakeholder dan unsur terkait untuk bisa saling kolaborasi,” tegasnya.

Pemerintah juga pemangku kepentingan serta perusahaan diharapkan agar mempunyai kepedulian serta memberi manfaat yang terbaik bagi masyarakat setempat. (HENDRI/R)

Berita Terbaru