Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Ramadan

  • Oleh Noor Annisa
  • 08 Maret 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Menjelang bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di masyarakat.

Hal itu juga agar tidak terjadi inflasi yang tinggi seperti sebelumnya yang terjadi di Kotim hingga menjadi kabupaten dengan inflasi tertinggi se-Indonesia.

Jelang Ramadan upaya yang dilakukan pemerintah adalah mengantisipasi dari sisi ketersediaan komoditas yang dibutuhkan masyarakat, bekerjasama dengan KSOP Sampit. 

"Kami bekerjasama dengan KSOP bagaimana supaya selama bulan Ramadan nanti pasokan dari luar itu bisa terjaga, bisa mencukupi kebutuhan masyarakat di Kotim," kata Kabag Ekonomi Setda Kotim Bahalap, Rabu, 8 Maret 2023.

Ia mengatakan, pemerintah pusat menjaga stabilitas harga di masyarakat, karena di beberapa negara maju dan berkembang saat ini sudah terjadi inflasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, di Indonesia kepala daerah tetap diminta menjaga inflasi di daerah agar dapat dikendalikan, termasuk di Kotim.

Upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam stabilitas harga yaitu dengan  melaksanakan pasar penyeimbang yang diikuti oleh Disperdagin dan Dinas Pertanian setempat. Kemudian juga pasar murah dilaksanakan dari Dinas Ketahanan pangan di Kelurahan-kelurahan. 

"Upaya-upaya itu yang kami lakukan di Sampit," tambahnya. 

Untuk pasar penyeimbang sendiri rutin digelar seminggu tiga kali, yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani. Penyedia atau suppliernya adalah Bulog Sampit. Meskipun saat ini inflasi di Kotim dianggap stabil dengan angka inflasi tahunan 5,60 dan angka inflasi bulanan 0,10. (NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru