Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Beri Penyuluhan Kesehatan Ginjal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Maret 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Momen peringatan World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia Tahun 2023, jajaran RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan kesehatan terkait ginjal, bertempat di ruang rawat jalan RSUD setempat.

Tim Unit Hemodialisa melalui Kepala Ruang Unit Hemodialisa Herlina Desianti, bersama para tim perawat hemodialisa memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya dengan tema kesehatan ginjal untuk semua, mempersiapkan yang tak terduga, dan mendukung yang rentan.

Herlina menjelaskan begitu pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh, untuk itu pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah gangguan ginjal. 

"Karenanya penting penyuluhan ini kita berikan kepada masyarakat," katanya, Kamis, 9 Maret 2023.

Dijelaksannya, tanda - tanda dan gejala sakit ginjal antara lain pergelangan kaki atau kaki yang sering bengkak, mual dan muntah, mudah lelah, sulit tidur, mudah bingung, keram otot, urine berkurang, sesak nafas, gatal yang ekstrem, serta tekanan darah yang sulit dikendalikan.

"Di samping itu pentingnya deteksi dini sehingga dapat segera diidentifikasi dan mendapatkan penanganan yang tepat sejak awal, maka peluang untuk sembuh pun jauh lebih besar," ucapnya.

Bila perlu dilengkapi dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah ureum, kreatinin, dan Cystatin C, serta pemeriksaan air kencing berupa urinalisis rutin.

Beberapa orang yang berisiko mengalami sakit ginjal antara lain, penderita diabetes atau kencing manis, tekanan darah tinggi, penderita sakit jantung, sering mengalami bengkak kaki maupun wajah, keluarga penderita sakit ginjal, orang yang rutin mengkonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas, obat herbal atau tradisional.

"Lalu, orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, perokok, lansia lebih dari 50 tahun serta penelitian luar negeri beretnis tertentu seperti afrika, hispanik, aborigin, dan asia," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru