Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kapuas Persiapkan Penyaluran Bansos untuk KPM di 2023

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Maret 2023 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas telah menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka persiapan penyaluran sejumlah bantuan sosial (bansos) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tahun 2023.

Bansos yang akan disalurkan nantinya adalah dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI kepada masyarakat dalam hal ini KPM yang sudah terdata.

Ribuan KPM penerima bansos yang telah terdata berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS tersebut tersebar di 214 desa dan 17 kelurahan di 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto, mengatakan penyaluran bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023 akan dilaksanakan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

"Kami sudah melakukan rapat persiapan kemarin dengan mengundang perwakilan Himbara untuk penyaluran Bansos 2023 yaitu Bank BRI dan PT Kantor Pos," kata Yanmarto, Jumat, 10 Maret 2023.

Dalam rapat persiapan tersebut pihaknya juga melibatkan pilar sosial di Dinsos setempat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

"Yang jelas tujuan rapat untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi sesuai tupoksi masing-masing agar penyaluran bansos berjalan dengan tertib dan lancar sesuai juknis dan waktu penyaluran ke KPM sesuai dengan yang telah ditentukan," jelasnya.

Selain itu, juga dalam rapat dibahas antisipasi hambatan dalam penyaluran bansos dan solusi alternatif, khususnya pada wilayah jauh dan sulit akses.

Yanmarto juga menjelaskan beberapa jenis bansos yang akan disalurkan, yakni PKH yang akan disalurkan melalui Bank BRI dengan jumlah KPM yang akan menerima sebanyak 1.716.

"Kemudian, PKH Bansos kombinasi sembako yang akan disalurkan melalui PT Kantor pos dengan jumlah penerima sebanyak 7.019 KPM. Lalu, ada Bansos murni sembako saja dengan jumlah KPM sebanyak 10.919 orang," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/R)

Berita Terbaru