Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Identitas Kependudukan Digital Mengantisipasi Calo KTP di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Maret 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) mengatakan, Identitas Kependudukan Digital (IKD) dapat mengantisipasi calo KTP di wilayah ini.

"Identitas Kependudukan Digital untuk mengantisipasi oknum calo KTP bodong," kata Anggota Komisi III DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah, Selasa, 7 Maret 2023.

Ia menuturkan, masyarakat akan terhindar dari calo KTP karena mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara online melalui aplikasi.

"Nantinya dukcapil tidak lagi mencetak KTP. karena masyarakat selama ini terkecoh dengan fisik KTP palsu yang begitu mirip dengan yang aseli," ujarnya.

Selama ini, pemilik KTP palsu tidak menyadari karena secara kasat mata KTP palsu sangat mirip dengan asli. Namun setelah Disduk Capil melakukan pengecekan, NIK tidak terdaftar dalam sistem administrasi kependudukan. 

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kotim, Agus Tripurna Tangkasiang, menyebutkan selama ini masih ditemukan KTP palsu di wilayah ini. Bahkan pada tahun 2022 terdapat 15 KTP palsu beredar.

"Mereka tidak mengetahui bahwa itu palsu. Saat datang ke sini barulah diketahui KTP itu palsu," demikian Agus. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru