Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: Label Halal Bantu UMKM Naik Kelas

  • Oleh Hendri
  • 14 Maret 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan kepemilikan label atau sertifikat halal akan sangat membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas.

Menurutnya, keterangan halal atau tidak, menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk. Kepemilikan sertifikat halal bagi pelaku UMKM tentu akan menjawab keraguan calon konsumen, sekaligus meningkatkan kepercayaan dalam membeli sebuah produk.

"Tentu saja sertifikasi halal pasti memiliki manfaat baik untuk pelaku usaha. Mari urus sertifikat halal melalui pendamping produk halal (PPH) yang sudah ditunjuk oleh lembaga. Kalau sudah punya label halal pemasarannya akan mudah, konsumen percaya maka pada saatnya UMKM naik kelas," katanya, Selasa, 14 Maret 2023.

Dalam rangka mendukung kepastian status halal dari produk yang beredar di Indonesia pemerintah menerbitkan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Undang-undang ini menyebutkan kewajiban sertifikasi halal bagi seluruh produk yang beredar di Indonesia. Sertifikasi halal akan dimulai dengan tiga kelompok produk.

Pertama, produk makanan dan minuman. Kedua, bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman. Ketiga, produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan. (HENDRI/H)

Berita Terbaru