Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mentan SYL Tegaskan Peremajaan Sawit Rakyat Terus Dilakukan Secara Merata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Maret 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau yang akrab dikenal dengan panggilan Mentan SYL memastikan dan menegaskan bahwa program peremajaan sawit rakyat atau PSR terus dilakukan secara merata di seluruh Indonesia.

"Program PSR menjadi perhatian khusus Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan produktivitas," kata Mentan SYL dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Kamis, 16 Maret 2023.

Terlebih, lanjutnya, perhatian pemerintah daerah dalam mengawal penanaman pohon baru di wilayahnya masing-masing.

"Kontribusi kelapa sawit selama ini ditopang dari luasan areal tutupan yang mencapai 16,38 juta hektar, dimana sekitar 6,9 juta hektar merupakan milik pekebun sawit rakyat," tuturnya lagi.

Meski demikian, perkebunan sawit masih memiliki tantangan yang cukup besar seperti penggunaan agroinput yang belum maksimal.
Pada sisi lain, produktivitas sawit nasional baru mencapai 3 hingga 4 ton per hektar atau setara dengan CPO.

"Hal ini dapat mengancam masa depan sawit rakyat Indonesia jika tidak dilakukan langkah komprehensif. Di antaranya perlu melakukan perbaikan dari sektor hulu dengan mengganti tanaman tua atau yang sudah tidak produktif," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru