Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPK RI Tekankan Pentingnya Komitmen Pemda !

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Maret 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) menekankan pentingnya komitmen Pemerintah Daerah (Pemda).

“Salah satu penilaian indikator untuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah komitmen pemerintah daerah,” kata Kepala Subauditorat BPK RI Perwakilan Kalteng, I Tukino di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 16 Maret 2023.

Ia menyebutkan ketika komitmen pemerintah daerah dinilai tinggi oleh tim penilai, maka akan berbanding lurus dengan nilai scoring yang ikut tinggi.

“Salah satu indikatornya adalah entry meeting. Apakah Entry Meeting itu dihadiri atau diikuti oleh seluruh jajaran,” tambahnya.

Adapun opini WTP menunjukan laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, mulai dari posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yg berlaku umum.

Selain itu, penjelasan laporan keuangan juga telah disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan.

Wajar merujuk pada laporan keuangan bebas dari keraguan dan ketidakjujuran serta lengkap informasinya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru