Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Sampit Gelar Razia Gabungan

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 18 Maret 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59, Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit dibantu oleh Kepolisian Resor Kotawaringin Timur dan Sub Detasemen Polisi Militer XII/2-1 Sampit menggelar menggelar razia gabungan pada Jumat, 17 Maret 2023. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari ini dipimpin langsung oleh Pelaksana Harian Lapas Sampit, M Lirpan. Razia yang melibatkan tim gabungan itu sebagai wujud sinergi Aparat Penegak Hukum (APH), sekaligus membersihkan Lapas dari barang-barang terlarang yang dimiliki oleh para WBP.

M Lirpan yang juga Ketua Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Lapas Sampit mengatakan, razia ini meliputi penggeledahan badan, kamar hunian maupun lingkungan sekitar hunian dari WBP.

"Setelah dilakukan razia secara menyeluruh, maka berhasil disita dan diamankan benda-benda terlarang yang masih dimiliki WBP seperti potongan kabel, gunting kecil, ikat pinggang, paku, sendok stenlis steel, gunting kuku, silet, benda yang terbuat dari kaca dan kartu permainan," kata Lirpan, Sabtu, 18 Maret 2023.

Ia menambahkan, barang-barang tersebut selanjutnya dilakukan penyitaan, inventarisasi dan pendalaman, pencataan dalam berita acara. Berikutnya dilakukan pemusnahan yang juga dituangkan dalam berita acara pemusnahan.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Sampit Agung Supriyanto mengatakan bahwa terdapat ketentuan berupa Keputusan Menteri Hukum Dan HAM Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas yang mengatur tentang larangan kepemilikan barang-barang terlarang yang dimiliki oleh WBP.

"Razia gabungan ini juga merupakan wujud komitmen dan langka nyata seluruh jajaran Lapas Sampit untuk melaksanakan Perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang 3+1 yaitu deteksi dini di semua lini, berantas narkoba," tuturnya. (BUDDI RAHMAT H/Y)

Berita Terbaru