Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ahli Epidemiologi Ingatkan Rumus Pengendalian Penyakit

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 Maret 2023 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Kalimantan Tengah, Rini Fortina mengingatkan kembali pentingnya rumus pengendalian penyakit dalam menekan penyebaran Covid-19. Apalagi mobilitas masyarakat ketika momen Ramadan seperti sekarang itu sangat tinggi.

“Rumus pengendalian penyakit itu, kendalikan lingkungannya, kendalikan orangnya, dan kendalikan agennya. Untuk bisa menjalankan rumus tersebut, itu kembali pada kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan terutama di tempat ibadah sangat diperlukan,” katanya.

Rini menjelaskan, beberapa faktor penyebab peningkatan penularan wabah, pertama adalah masyarakat yang lengah terhadap prokes, ditambah rendahnya capaian vaksinasi, dan lambatnya informasi sehingga mengakibatkan keterlambatan tindakan, termasuk tracing, tracking, dan treatment (3T).

“Mutasi dari virus itu juga menjadi faktor peningkatan, dan sampai sekarang Covid-19 itu masih bermutasi. Maka dari itu, kedisiplinan masyarakat menjalankan arahan pemerintah, dengan prokes, vaksinasi, atau PHBS itu sangat diperlukan,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Jumat 24 Maret 2023 kasus konfirmasi Covid-19, pasien sembuh dan jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan.

Secara kumulatif, total kasus konfirmasi covid-19 berjumlah 60.454 kasus, pasien sembuh 58.693 orang, dan pasien meninggal dunia 1.742 orang.

Kasus aktif yang dirawat di rumah sakit ada 9 orang dan yang isolasi mandiri ada 8 orang. Jika berdasarkan persentase, maka persentase kesembuhan 97,10 persen, dalam perawatan 0,02 persen, dan meninggal 2,88 persen. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru