Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan Dini Cuaca Barito Timur 3-5 April 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 April 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini wilayah di Kabupaten Barito Timur yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang selama tiga hari ke depan atau tanggal 3-5 April 2023.

"Pada Senin, 3 April, ada 9 wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang yaitu Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah," papar Kepala Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu Nur Setiawan dalam rilis peringatan dini yang diterima Borneonews, Minggu, 2 April 2023.

Berikutnya pada Selasa, 4 April, potensi cuaca yang sama terdapat di 7 kecamatan yaitu Kecamatan Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui dan Kecamatan Raren Batuah.

"Sedangkan pada Rabu, 5 April, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang ada di 8 kecamatan yakni Kecamatan Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah," lanjut Nur Setiawan.

Ia mengingatkan masyarakat Barito Timur terutama yang berada di wilayah dengan potensi hujan sedang hingga lebat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang.

Nur Setiawan juga mengungkapkan, tekanan udara di Indonesia pada umumnya berkisar antara 1008 hingga 1012 hectopascal. Angin di Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat menuju Utara, sedangkan untuk Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari Barat Daya menuju Tenggara.

Potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di sebagian besar Provinsi Kalimantan Tengah. Suhu udara berkisar antara 22 hingga 32 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar antara 60 persen hingga 100 persen dan angin umumnya bertiup dari Barat Daya ke arah Timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru