Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DP3AP2KB Pulang Pisau Gelar Lomba Kampung KB

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 04 April 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali melaksanakan lomba kampung keluarga berkualitas (KB).

Kepala DP3AP2KB Bawa Budi Raharja melalui sekretaris Maruf Kurkhi mengatakan dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nomor 929/PD.02.02/J2/2023 tanggal 20 Maret 2023.

“Perihal penilaian lapangan dalam rangka Penguatan Kampung KB Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023. dan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Tanggal 29 Juni 2023 serta apresiasi bagi pengelolaan Kampung KB ditingkat Provinsi Kalten melalui pemilihan Kampung KB terbaik,” katanya.

Ia menerangkan tujuan dari Kampung KB adalah untuk meningkatkan status desa dan sebagai percontohan perkampungan keluarga yang berkualitas dengan menjalankan delapan fungsi keluarga, diantaranya ada fungsi agama, pendidikan, reproduksi, lingkungan, gotong royong, keamanan.

"Sedangkan untuk Pulpis hingga tahun 2023 ini kita telah memiliki sebanyak 17 Kampung KB yang tersebar di delapan kecamatan. Yang tentunya kita bersyukur bahwa Kabupaten Pulang Pisau sebagai perwakilan provinsi untuk mengikuti lomba tingkat nasional," katanya.

Yang mana, lebih lanjut dikatakan setiap kecamatan terdapat dua Kampung KB, sedangkan di Kecamatan Maliku memiliki tiga kampung KB. Dari kegiatan tersebut pihaknya berharap meski kegiatan bersifat lomba, namun tujuan dari Kampung KB bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Artinya, jangan hanya dianggap lomba saja, akan tetapi setelah selesai tidak diimplementasikan maksud dari tujuan Kampun KB ini. Semoga adanya penilaian dari pihak provinsi, Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir memenuhi kriteria dan berhasil meraih juara pertama,” ujarnya.

Di mana apabila dari hasil tersebut menyatakan menjadi peringkat pertama kemudian akan diverifikasi lagi dari pusat di bulan Mei dan akan diumumkan juaranya di tingkat nasional pada momen Hari Keluarga Nasional bulan Juni 2023 mendatang.

"Kita tentu optimis dapat meraih yang terbaik setelah hari ini dilakukan penilaian dan dapat membawa nama harum daerah di tingkat Nasional. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh instansi yang terlibat dalam kegiatan ini,” tandasnya. (ahm)

Berita Terbaru