Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Ingatkan Waspada Tindak Kejahatan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 April 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengingatkan semua pihak terutama masyarakat secara umum di provinsi ini agar dapat senantiasa waspada terhadap berbagai potensi tindak kejahatan.

Terlebih lagi saat ini bulan Ramadan dan tinggal hanya beberapa minggu lagi akan memasuki hari raya Idul Fitri, pastinya akan banyak masyarakat yang melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah tanpa penghuni.

"Masyarakat yang mudik supaya hati-hati dan waspada ketika meninggalkan rumahnya, jangan lengah. Pastikan rumah terkunci rapat, bisa juga dengan meminta tetangga yang tidak mudik untuk mengawasi keadaan rumah," ucapnya, Selasa, 4 April 2023.

Dia mengatakan, tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja ketika ada kesempatan. Maka dari itu masyarakat jangan sedikitpun lengah dan memberikan ruang atas tindak pidana tersebut, pastikan sebelum bepergian semua yang ditinggalkan aman.

Selain itu, untuk menjaga ketertiban lingkungan dari tindak kejahatan, masyarakat bagi yang tidak melakukan kegiatan mudik supaya dapat mengaktifkan kembali Poskamling di masing-masing komplek perumahan, itu juga agar bisa diinisiasi oleh RT/RW.

"Kalau perlu aktifkan lagi kegiatan ronda melalui Poskamling di masing-masing komplek untuk menambah keamanan serta mengurangi resiko terjadinya tindak kejahatan, khususnya di komplek atau wilayah yang minim penduduk," jelasnya.

Di sisi lain, dirinya pun mengingatkan ketika ada menemukan tindak pidana kejahatan supaya dapat segera melapor kepada pihak bewajib dan tidak main hakim sendiri. Selain itu, diharapkan juga aparat kepolisian agar meningkatkan kegiatan patroli.

"Selain tindak kejahatan, yang perlu diantisipasi juga yaitu potensi kebakaran. Pastikan ketika meninggalkan rumah diwaktu mudik barang-barang elektronik bebas dari aliran listrik, ini penting diperhatikan untuk mengantisipasi konsleting," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru