Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Laporan Hasil Pemeriksaan Dana Bantuan Parpol di Kotim Dapat Predikat WTP

  • Oleh Noor Annisa
  • 04 April 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) dana bantuan partai politik tahun anggaran 2022 di Kabupaten Kotawaringin Timur itu baik, terbukti dengan capaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala Sub Auditorat Kalteng Tukino yang memberikan apresiasi atas kinerja laporan keuangan partai politik di daerah itu. Menurutnya hasil yang didapat sangat memuaskan.

"Hasil pemeriksaan tahun ini atas 10 penerima dana bantuan partai politik menunjukan hal yang menggembirakan, seluruh partai politik telah menyampaikan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran dana bantuan partai politik yang bersumber APBD kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2022 sesuai dengan kriteria yang berlaku atau WTP," ungkapnya, Selasa, 4 April 2023.

Ia menyampaikan, ada 4 kriteria yang menjadi tolak ukur atas pengelolaan dana bantuan yang bersumber dari dana APBD sehingga akhirnya bisa disimpulkan dengan predikat baik tersebut.

"Yang pertama kesesuaian nomor rekening tidak ada yang disalurkan sembarangan, kesesuaian jumlah dana yang masuk dan dipertanggungjawabkan sesuai tidak ada yang aneh-aneh, pengurus partai telah mengelola dana bantuan sesuai proporsinya,  keabsahan bukti, tim pemeriksa telah menguji tidak ada yang fiktif," jelasnya.

Menurutnya, dari semua kriteria, Kotim sudah memenuhi secara keseluruhan, sedangkan di daerah lain masih ada yang belum memenuhi 100 persen.

"Mudah-mudahan ke depan kalau sudah bagus semua alokasinya ditambah. kami berharap kinerja yang sudah bagus ini dipertahankan bahkan ditingkatkan," tandasnya.

Sementara, Bupati Kotim Halikinnor sangat puas mendengar laporan capaian bahwa setiap parpol mempertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Ini luar biasa, pemerintah Kotim sudah delapan tahun WTP dan parpolnya juga WTP ke depan saya harap jangan sampai berubah jadi disclaimer,"ucapnya. (NOOR ANNISA/H) 

Berita Terbaru