Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Getaran dari Gempa di Laut Jawa Juga Terasa Hingga Kuala Pembuang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 14 April 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Gempa tektonik yang terjadi di 68 km Barat Laut Tuban, Jawa Timur dengan magnitude 6,6 pada Jumat sore, 14 April 2023, ternyata tidak hanya berdampak ke wilayah Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Tapi, getarannya turut dirasakan sebagian warga  yang tinggal di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

Banyak warga setempat menyampaikan melalui status di berbagai media sosial, telah merasakan getaran gempa, kendati hanya dalam hitungan detik.

Santi, warga Kelurahan Kuala Pembuang II menuturkan bahwa ia merasakan getaran gempa di kediamannya dalam hitungan 5-10 detik.

“Sempat kaget merasakan sedikit getaran, meskipun hanya berlangsung dalam hitungan beberapa detik saja,“ katanya.

Hal senada juga disampaikan Suhairiah melalui akun media sosial facebook miliknya yang mengaku sempat terasa bagai diayun akibat getaran gempa.

Warga lainnya, Yelli merasakan hal yang sama, bahwa getaran akibat gempa yang terjadi di Laut Jawa turut dirasakan saat duduk di rumahnya.

Meski demikian, getaran akibat gempa tersebut tidak sampai menyebabkan barang-barang di kediaman warga setempat mengalami kerusakan. .

Kepala Pelaksana BPBD Seruyan Agung Sulistyono melalui Analis Kebencanaan Ahli Muda, Arvian Yuli Artha menyampaikan bahwa berdasarkan data BMKG jarak dari pusat gempa dengan wilayah Kuala pembuang Kabupaten Seruyan sekitar 331,02 Km

Diminta kepada masyarakat Kabupaten Seruyan khususnya Kuala Pembuang agar tidak panik, karena jarak dengan pusat gempa sangat jauh.

“Kami minta warga tidak panik, namun tetap selalu berdoa memohon kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa agar dijauhkan dari marabahaya dan bencana,“ tandasnya. (FAHRUL/Y)

Berita Terbaru