Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Posko Angkutan Lebaran di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Disiapkan Demi Mempermudah Perjalanan Mudik

  • Oleh Apriando
  • 15 April 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Posko Angkutan Lebaran di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya sudah disiapkan untuk menyambut lebaran tahun 2023. Sejumlah personel gabungan dari berbagai instansi terkait telah disiapkan dan telah menggelar pembukaan posko angkutan lebaran.

Eksekutif General Manager (EGM) Angkasa Pura (AP) II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Arda Wulanigara menjelaskan, posko angkutan lebaran ini telah dibuka sejak 12 April hingga 3 Mei 2023. Posko ini dibangun bersama stakeholder terkait, seperti TNI, Polri, Basarnas, dan KKP.

“Baik dari kami di Angkasa Pura, ada dari TNI, Polri, Basarnas dan KKP, posko gabungannya ada disini,” ujarnya kepada awak media di Bandara Tjilik Riwut, Jumat sore, 14 April 2023

Pihak Bandara Tjilik Riwut juga menyesuaikan jam operasi untuk mengakomodasi penambahan penerbangan yakni dari Batik Air tujuan Jakarta dan Lion Air tujuan Surabaya. Jam operasi yang sebelumnya dibuka pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore, kini dioptimalkan menjadi jam 7 pagi hingga pukul 7 malam.

Menurut Arda Wulanigara, pihak Bandara Tjilik Riwut sudah mempersiapkan fasilitas keamanan, keselamatan, dan pelayanan dengan baik jauh-jauh hari sebelum angkutan lebaran. 

Fasilitas seperti runway, kendaraan patroli, pagar pembatasan keamanan, daerah keamanan terbatas, serta fasilitas pelayanan lainnya, seperti toilet dan mushola, juga sudah disiapkan. Kebersihan terminal juga menjadi salah satu fokus dalam persiapan fasilitas layanan yang disediakan.

Selain itu, terdapat 109 personel yang disiagakan untuk memberikan pelayanan dan menjaga keamanan di posko angkutan lebaran ini. Personel tersebut meliputi personal keamanan, keselamatan, dan pelayanan. Tim posko ini juga dibantu oleh stakeholder terkait, seperti TNI, Polri, dan Basarnas. Dalam sekali posko, kurang lebih bisa 10 orang standby untuk antisipasi adanya kegiatan atau gangguan-gangguan operasional.

Dengan dibukanya posko angkutan lebaran di Bandara Tjilik Riwut, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan meminimalisir terjadinya gangguan operasional. 

"Diharapkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak diharapkan dapat membuat perjalanan mudik para penumpang yang melalui Bandara Tjilik Riwut menjadi lebih lancar dan aman," Pungkasnya. (APRIANDO/H)

Berita Terbaru