Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga dan Distribusi Jadi Permasalahan Dasar Minyak Goreng di Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 April 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara pada PT Perkebunan Nusantara III atau PTPN III Persero, Dwi Sutoro mengatakan bahwa permasalahan dasar atau fundamental minyak goreng yang sering terjadi di Indonesia adalah bukan dalam hal supply dan kapasitas produksi, namun dalam masalah harga dan distribusi.

“Bukan soal supply dan kapasitas produksi, masalah fundamental minyak goreng yang sering terjadi di Indonesia ialah soal harga dan distribusi," kata Sutoro dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Selasa, 25 April 2023.

Terutama, lanjut Dwi Sutoro, jika harga CPO sebagai bahan baku mengalami kenaikan. Dwi Sutoro menjelaskan bahwa statistik pemakaian CPO di Indonesia sebanyak 15 persen produksi CPO nasional atau sekitar 6,8 juta ton digunakan untuk bahan baku minyak goreng sawit, dibanding 55 persen yang di ekspor, yang penggunaan untuk kebutuhan rumah tangga mencapai 62 persen dan non rumah tangga sebanyak 38 persen.

"Sebab itu regulasi terkait ketersedian minyak goreng sawit disarankan untuk difokuskan pada volume yang terkait industri minyak goreng sawit," bebernya.

Lantas kebijakan minyak goreng, lanjutnya, harus menjawab permasalahan terkait harga dan distribusi serta mekanismenya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru