Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Masih Aman Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Mei 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini dilaporkan masih aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus menuturkan ini pada Selasa, 2 Mei 2023.

Menurutnya, meski suhu di wilayah Katingan akhir-akhir ini meningkat, namun kadang terjadi hujan deras. Sehingga, semak belukar yang terkena sinar matahari disiang hari ini tidak tidak mengering meski sebagian kecil ada semak belukar yang kering.

Markus mengaku dengan adanya turun hujan tersebut secara tidak langsung mampu mencegah atau menghambat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerahnya.

Markus mengatakan, hari ini tim BPBD Katingan memantau info titik panas  melalui LAPAN, kemudian informasi cuaca atau peringatan dini BMKG.

Lainnya menghimpun informasi bencana melalui saluran telekomunikasi atau telpon, medsos, SMS, WA dan laporan masyarakat. Tak ketinggalan pula melakukan pengecekan peralatan dan mobil operasional, koordinasi, patroli dan penangananan kejadian , piket dan posko.

"Hari ini dan kemarin tim juga melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Desa Talian Kereng Kecamatan Katingan Hilir dan Desa Pendahara Kecamatan Tewang Sanggalang Garing," sebutnya.

Kemudian, ada kegiatan pengecekan titik panas di Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir, di wilayah ini merupakan daerah padat penduduk. 

Dari hasil pemantauan itu, tim tidak menemukan titik panas atau hotspot. Markus mengaku memasuki bulan Mei ini wilayahnya kadang masih diguyur hujan, seperti dinihari tadi dan kemarin.(ABDUL GOFUR/Y)

Berita Terbaru