Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Sukamara Ingkatkan Jangan Ada Kekeliuran Data Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Mei 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil bupati Sukamara Ahmadi mengingatkan agar tidak terjadinya kekeliruan data stunting yang ada di Kabupaten Sukamara.

"Saya mengingatkan terkait keakuratan dan keterpaduan data dalam sistem pelaporan, hal ini penting agar tidak terjadi kekeliruan dalam analisis data dan permasalahan sebagai dasar perencanaan intervensi," kata Ahmadi pada kegiatan monitoring dan evaluasi program percepatan penurunan stunting, Rabu, 3 Mei 2023.

Karena dengan data yang akurat, dapat merencanakan program dan kegiatan yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Ahmadi menambahkan, bahwa berbagai langkah dapat dilakukan secara sinergitas dan kolaboratif, namun juga harus lebih menguatkan SDM tenaga lini lapangan yang merupakan ujung tombak percepatan penurunan stunting.

"Desa agar dapat memanfaatkan dana desa untuk peningkatan SDM dan operasional tenaga di lapangan seperti kader posyandu, kader BKB, kader PPKDB dan kader Dashat," ucapnya.

Sehingga program-program yang sudah dibentuk dapat berjalan dan bermanfaat bagi penanganan penurunan stunting.

"Gambaran status gizi Kabupaten Sukamara menurut SSGI pada tahun 2002 menjadi 21,8 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 24,7 persen atau turun menjadi 1,5 persen," jelas Ahmadi.

Presentasi tersebut masih belum mencapai target, dan pada tahun 2023 angka stanting di Kabupaten Sukamara diharapkan dapat turun lebih signifikan. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru