Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Pulang Pisau Minta Kades Maksimal Dalam Membina BUMDes

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 08 Mei 2023 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Potensi yang dimiliki sejumlah Desa di Kabupaten Pulang Pisau, tentu memiliki peluang dalam menggerakan roda perekonomian Masyarakat di Desa. Oleh karena itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau mengharapkan BUMDes bisa menumbuh kembangkan perekonomian Masyarakat.

"Saya ingin, BUMDes bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sehingga, perekonomiam masyarakat desa meningkat," ucap Herman, Senin 8 Mei 2023.

Berdasarkan data hasil pendataan yang dilakukan saat ini tercatat 32 BUMDes dalam kategori masih aktif dan tujuh BUMDes sudah berbadan hukum yang  tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau dari data sebelumnya ada sebanyak 80 BUMDes.

"Saat ini langkah yang kami lakukan adalah melakukan pemetaan terkait profil, kebutuhan, unit usaha, dan permasalahan yang dihadapi BUMDes. Sehingga pemerintah daerah melalui DPMD, dapat melakukan interverensi program kegiatan dan pembinaan," jelasnya.

Ia menambahkan, peran kepala desa sebagai pembina  BUMDes sangat penting. Kepala Desa harus lebih maksimal dalam membina BUMDes yang ada. Sehingga dalam pelaksanaanya nanti BUMDes mampu mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi, dan produktivitas.

"Tentunya hal ini harus dilakukan demi kesejahteraan masyarakat desa. Sehingga,  Masyarakat akan  terlepas dari kemiskinan dan menjadi Masyarakat desa yang sejahtera," tutupnya. (M PRADILA KANDI/R)

Berita Terbaru