Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Damkar Barito Timur Kirim Personel pada Apel Siaga Karhutla di Barito Selatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Mei 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur mengirim 7 personel untuk mengikuti apel siaga kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dan latihan bersama penanggulangan kebakaran di Buntok Kabupaten Barito Selatan, Selasa, 9 Mei 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur Ahmad Gazali menerangkan, apel siaga karhutla dan latihan bersama penanggulangan kebakaran itu dalam rangka meningkatkan kemampuan personel dalam upaya menghadapi ancaman karhutla khususnya di Barito Timur.

"Pada simulasi kali ini kita fokus pada penanganan karhutla menghadapi musim kemarau 2023," jelasnya.

Selain simulasi bersama dengan BPBD Barito Selatan, selama ini BPBD Damkar Barito Timur telah meningkatkan kesiapsiagaan menghadiri ancaman karhutla dengan senantiasa memberikan imbauan  kepada masyarakat dan merilis prakiraan cuaca harian.

"Kami juga membentuk  tim internal siaga karhutla BPBD Damkar Barito Timur dan dalam waktu dekat bidang kesiapsiagaan  akan melakukan koordinasi dan pemetaan terkait kesiapan perusahaan-perusahaan yang ada di Barito Timur terutama perkebunan sawit untuk turut serta mengantisipasi karhutla," ungkap Gazali.

Menurut prakiraan cuaca yang dikeluarkan Stasiun Metereologi Kelas IV Sanggu, awal musim kemarau tahun 2023 di Barito Timur terjadi pada Dasarian II (10 hari kedua) bulan Juni.

Puncak musim kemarau diprakirakan terjadi pada bulan September. Kemudian untuk wilayah Kalimantan Tengah secara umum puncak kemarau terjadi pada bulan Juli. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru