Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program CBI Peduli Lingkungan Betlanjut, Kali Ini Kelurahan Sidorejo Jadi Sasaran Kegiatan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Mei 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bersinergi dengan beberapa pihak, Program Pelestarian Lingkungan Hidup dan Infrastruktur Jalan Kota, CBI Peduli Lingkungan, Kebersihan dan Perbaikan Jalan Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang digelar oleh PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk - Citra Borneo Indah (CBI) Group, terus berlanjut.

Seperti  yang dilaksanakan Jumat, 19 Mei 2023 pagi. Dimulai di halaman Mapolres Kobar, peserta program tersebut bergerak dengan sasaran melakukan pembersihan jalan dan lingkungan di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Pasca-briefing singkat, peserta kegiatan langsung bergerak melakukan pembersihan dan di sekitar ruas Jalan Diponegoro.

Lurah Sidorejo, Ramadana Sahida di sela kegiatan tersebut mengatakan, terdapat berbagai manfaat yang dirasakan langsung  oleh masyarakat terkait kegiatan ini.

"Tentunya kegiatan ini kami sambut dengan positif. Karena program ini melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya juga meningkatkan kebersihan dan keindahan kota khususnya di lingkungan Kelurahan Sidirejo," jelas Lurah Sidorejo.

Selain itu, menurut Lurah Sidorejo, kegiatan yang merupakan penggambaran budaya khas masyarakat Indonesia yaitu gotong royong ini, juga mempunyai manfaat lain dalam meningkatkan kekompakan masyarakat.

"Efek lain yang bisa dirasakan yaitu adanya silaturahmi antar masyarakat. Karena ditengah kesibukan yang padat, masyarakat juga kurang berkumpul. Dengan adanya gotong royong ini kita bisa saling menyatu, berbaur untuk sama-sama meningkatkan estetika kota kita," jelas Lurah Madurejo.

Mewakili Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, Kabaglog Polres Kobar AKP Mujiyo mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk turut serta memnbantu pelaksanaan program ini.

"Lantaran manfaatnya bisa dirasakan secara  langsung oleh masyarakat. Harapannya dengan meningkatnya kebersihan dan keindahan kota, bisa memicu semangat masyarakat luas untuk beraktivitas, bekerja guna meningkatkan kehidupan dan pembangunan Kabupaten Kobar," kata Kabaglog.

Sementara itu, Manager CSR PT SSMS Tbk, Abdur Rohman menjelaskan, Program Pelestarian Lingkungan Hidup dan Infrastruktur Jalan Kota, CBI Peduli Lingkungan, Kebersihan dan Perbaikan Jalan Kota Pangkalan Bun diikuti oleh berbagai pihak lintas instansi yang terdiri dari pemerintah, swasta, maupun organisasi masyarakat.

"Salah satu dari enam program utama CSR selain sosial budaya, pendidikan, infrastruktur, pemberdayaan juga terdapat program lingkungan guna menciptakan lingkungan yang sehat asri dan indah," ujar Abdur Rohman 

Abdur Rohman menambahkan, sebagai pihak swasta, pihaknya tidak bisa sendiri menjalankan program ini. Untuk itulah, dalam kegiatan ini dilakukan secara kolaboratif dengan pemerintahan.

"Untuk di Kecamatan Arsel gerakan pembersihan kota ini dilakukan bersama dengan berbagai program lainnya. Selain program membersihan jalan kota ini, kedepan juga bakal digelar program lainnya di Kampung Pelangi. Khusus untuk kegiatan pembersihan jalan kali ini bakal dilaksanakan 5 tahap yang dimulai dari Km 0 Pangkalan Bun dan terus berlanjut hingga ke Bundaran Pancasila," demikian Abdur Rohman menyampaikan. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru