Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Pabrik Kelapa di Desa Handil Sohor Agar Serap Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Mei 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan pabrik kelapa PT Samuda Coco Indonesia di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal. 

"Kami mendorong PT Samuda Coco Indonesia agar merekrut tenaga kerja lokal atau warga sekitar, kecuali yang bidang keahlian seperti elektik dan lainnya. Namun kemarin ada juga tenaga kerja lokal kita yang sudah ditarik untuk bidang keahlian ini," kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur, Kamis, 25 Mei 2023.

Berkaitan dengan tenaga kerja, dirinya bersyukur PT Samuda Coco Indonesia telah menyerap kurang lebih 400 pekerja. Para pekerja itu mayoritas perempuan sebagai tenaga pengupas kelapa dan pengikis kulit ari kelapa.

"Penyerapan tenaga kerja ini mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. Kecamatan Mentaya Hilir Selatan umumnya dan khususnya Desa Handil Sohor," ujarnya. 

Rudianur sempat menghadiri peresmian pabrik kelapa itu bersama Asisten II Setda Kotim Alang Arianto. Dirinya menyambut baik pembangunan pabrik di wilayah dapilnya itu, sebab daerah itu merupakan kawasan penghasil kelapa.

Kurang lebih 16 ribu hektare lahan kelapa sudah beberapa puluh tahun berada di kawasan itu, namun hasil panennya tidak diolah oleh pabrik.

"Sekarang petani sangat senang. Dalam waktu dekat bisa meningkatkan produksi kelapa," ujarnya. 

Beberapa tahun terakhir kelapa ini banyak yang tidak layak sehingga ditebang dan diganti sawit. Kini dirinya optimis, petani akan memperbanyak produksi kelapa lagi. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru