Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Gencar Buka Lapangan Pekerjaan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Juni 2023 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Purman Jaya mendorong pemda di provinsi ini supaya dapat menggencarkan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di wilayah Kalteng.

Dia mengatakan, lapangan pekerjaan perlu dibuka sebanyak-banyaknya, sebab setiap tahun jumlah penduduk di Bumi Tambun Bungai terus menagalami peningkatan, sehingga apabila hal itu tidak diperhatikan maka tingkat pengangguran akan semakin tinggi.

"Seiring meningkatnya jumlah penduduk di Kalteng, itu harus diimbangi dengan membuka lapangan pekerjaan yang memadai. Kita tentu tidak ingin pengangguran semakin meningkat apalagi lulusan baik itu SMA/SMK maupun sarjana tiap tahunnya juga semakin banyak," ucapnya, Senin, 5 Juni 2023.

Dalam upaya membuka lapangan pekerjaan ada banyak yang bisa dilakukan oleh pemda diantaranya seperti mendatangkan investor agar bisa menanamkan modalnya di Kalteng maupun membangun industri berskala besar contohya penggilingan padi modern, pakan ikan maupun ternak dan lain-lain.

"Kalteng ini memiliki potensi untuk membangun industri skala besar karena sumber daya alam disini sangat melimpah, misalnya seperti pakan ikan, tentu untuk bahan bakunya itu mudah didapat. Nah, potensi ini yang perlu dimaksimalkan, dengan begitu juga lapangan pekerjaan akan terbuka," ujarnya.

Dikatakannya, ada begitu banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan saat ini terutama para pemuda lulusan SMA/SMK yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi maupun sarjana. Sehingga, sudah menjadi tugas pemerintah memperhatikan hal tersebut untuk mensejahterakan masyarakat.

"Pastinya membuka usaha itu bisa dilakukan masyarakat, tapi kendalanya yaitu modal. Bagi mereka yang tidak memiliki modal maka membutuhkan pekerjaan. Nah, pemerintah perlu menyiapkan lapangan pekerjaan itu, apalagi masyarakat lokal kita perlu untuk diperhatikan," tukasnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru