Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelantikan Pj Kades di 9 Desa Akan Segera Dilakukan Usai Ditinggal Pejabatnya Mencaleg

  • Oleh Noor Annisa
  • 06 Juni 2023 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 9 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur yang mengalami kekosongan kepemimpinan akan segera menyusul untuk dilantik Pj kepala desanya, setelah 3 Pj kepala desa lainnya telah resmi mengambil sumpah jabatan di Rumah Jabatan Bupati Jalan A Yani pada Senin, 5 Juni 2023.

Diketahui, kepala desa pada 12 desa di Kotim mengundurkan diri sehingga mengalami kekosongan. Sebagian besar kepala desa tersebut ikut berkompetisi dalam pemilu legislatif 2024 mendatang.

"Untuk 9 desa yang belum dilantik ini sudah berproses di bagian hukum, sudah kami input untuk SK Bupati dan sekitar tanggal 15 Juni itu sudah selesai semua dan akan dilanjut lagi pelantikan 9 Pj yang ditunjuk oleh kecamatan," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotim, Raihansyah.

Pihak DPMD konsen dalam transisi kepemimpinan desa tersebut, meskipun dari pihak KPU untuk pencermatan calon akan dilakukan bulan Oktober nanti. Hal tersebut karena secara aturan Kades yang mengikuti pemilihan legislatif harus mundur dari jabatannya.

"Kami proses ini untuk lebih menjaga agar di dalam proses mereka sosialisasi ke masyarakat atau segala macam itu tidak menggunakan jabatan kepala desanya," tuturnya.

Adapun 9 desa yang akan menyusul untuk dilantik Pj desanya yakni Desa Mekar Jaya, Kecamatan Parenggean, Desa Tanah Haluan, Kecamatan Bukit Santuai, Desa Tumbang Hejan, Kecamatan Antang Kalang, Desa Kabuau, Kecamatan Parenggean, Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Desa Luwuk Kowan, Kecamatan Telaga Antang, Desa Satiruk, Kecamatan Pulau Hanaut, Desa Tumbang Payang, Kecamatan Bukit Santuai dan Desa Waringin Agung, Kecamatan Antang Kalang.

Sedangkan, 3 Pj desa yang baru dilantik yakni Aria Agus Wardana sebagai Pj Kepala Desa Tinduk Kecamatan Baamang, Zulkarnain sebagai Pj Kepala Desa Baampah Kecamatan Mentaya Hulu dan M Yusuf sebagai Pj Kepala Desa Cempaka Mulia Barat Kecamatan Cempaga.(NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru