Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Lamandau Gelar Seleksi Kompetisi Sains Madrasah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Juni 2023 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Untuk menjaring talenta muda dibidang ilmu pengetahuan, Kemetrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamandau menggelar seleksi calon peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023. Kegiatan ini merupakan sarana untuk mencari dan menetapkan peserta KSM di tingkat Kabupaten.

Diketahui, KSM adalah ajang kompetisi sains paling bergengsi di lingkungan Madrasah. Acara ini akan mempertemukan para siswa juara dari tiga jenjang madrasah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan Madrasah Aliyah (MA).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamandau, Muhidin Arifin menjelaskan, peserta yang mengikuti seleksi merupakan perwakilan dari masdrasah masing-masing. Selanjutnya mereka akan diseleksi lagi di tingkat provinsi.

“Bagi peserta yang lolos di tingkat kabupaten dan provinsi, mereka akan mengikuti KSM tingkat nasional,” kata Arifin di Nanga Bulik, Selasa, 6 Juni 2023.

Dikatakan Arifin, Anak-anak madrasah saat ini jauh berkembang. Mereka tumbuh di zaman yang berbeda, “dalam suasana revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Kita harus memberikan mereka bekal agar siap menghadapi segala tantangan,” ajaknya.

Menurut dia, pemerintah memiliki beban untuk menjawab tantangan publik muslim, agar menciptakan segala berciri agama yang memiliki kapasitas mendalami keilmuan sains. Acara seperti ini, digelar dalam rangka menanamkan kesadaran dan kecintaan pada sains yang sudah didalami.

“Hal ini mutlak seiring pesatya perkembangan teknologi dan informasi. Kita ingin siswa madrasah terlatih pada daya kritis, kreatif, dan inovatifnya,” ujarnya.

Desain KSM, terang dia, mencakup dua aspek, sains dan keagamaan atau humaniora. Karena siswa madrasah tak mungkin melepas identitasnya sebagai pelajar yang menimba ilmu dalam kurikulum berciri khas Islam.

“Maka secara umum, mata lomba akan terbagi dalam tiga grup besar, yaitu Sains dan Pengembangan Teknologi (MST), Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), dan Ilmu Keagamaan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru