Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Rabies pada Kucing, Warga Palangka Raya Diminta Hati-Hati Gigitan HPR

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Juni 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, Oktopriadly mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan kepada hewan penular rabies atau HPR seperti kucing, anjing dan kera. Hal ini disampaikannya pasca-ditemukannya kasus gigitan kucing yang dinyatakan positif rabies.

"Baru saja kami mendapatkan laporan bahwa ada kasus gigitan kucing rabies di Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya kepada seorang ibu pemiliknya. Makanya kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Okto pada Selasa, 6 Juni 2023.

Menurut Okto pihaknya juga telah mengingatkan vaksinator rabies di Kota Palangka Raya untuk menggiatkan lagi kegiatan keliling vaksinasi.

"Kita sudah menggiatkan vaksinator sejak awal tahun 2023 ini untuk memberikan vaksin rabies tetapi tetap saja dapat kecolongan dan ini bisa terjadi karena berbagai faktor," jelas Okto lagi.

Faktor pertama menurutnya bisa saja pemilik hewan tersebut tidak pernah memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya sehingga dapat tertular virus rabies. Faktor lainnya, kemungkinan hewan yang tertular rabies tersebut sudah pernah divaksin rabies namun tidak diulangi setiap tahun sehingga ketahanannya akan virus rabies telah menurun.

"Karena itu kami meminta kepada masyarakat untuk secara rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya. Caranya bisa dengan membawa hewan peliharaannya ke kantor dinas karena di sini kita punya klinik hewan. Kalau hewannya tidak bisa dibawa kesini, hubungi kami atau vaksinator kami supaya kami yang datang memberikan vaksin rabies," tuturnya.

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak khawatir dalam meminta pelayanan vaksinasi rabies ini karena vaksin diberikan tanpa dipungut biaya apapun.

"Karena vaksinator kami sedikit, bisa saja ada yang terlewatkan oleh petugas dalam memberikan vaksinasi. Maka pemilik hewan peliharaan lah yang harus lebih aktif menghubungi kami untuk meminta vaksin rabies," tutur Okto. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru