Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Prioritaskan Penguatan UMKM Entaskan Kemiskinan

  • Oleh Hendri
  • 07 Juni 2023 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra mendorong pemerintah setempat untuk memprioritaskan penguatan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai solusi  mengentaskan kemiskinan.

"Penguatan UMKM merupakan salah satu upaya atau cara yang bisa pemko terapkan untuk menekan angka kemiskinan di wilayah kita ini," katanya, Rabu, 7 Juni 2023.

Beta mengatakan, pemerintah harus bisa membantu para pelaku UMKM agar mampu menaikkan kualifikasi masing-masing.

Peningkatan secara skill maupun manajemen pengelolaan usaha sehingga mampu menyumbang peningkatan perekonomian.

"Banyak upaya atau cara yang bisa dilakukan oleh pemko agar mampu meningkatkan kualifikasi para pelaku UMKM, misal dengan memberikan pelatihan keterampilan dan mengadakan seminar atau pelatihan kewirausahaan," ujarnya.

Menurutnya kemiskinan merupakan masalah umum yang ada di daerah dari desa hingga ke perkotaan. Pelatihan dan program kesejahteraan salah satu hal penting dalam mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat.

"Kita ketahui beberapa kendala yang dihadapi pelaku UMKM, yakni modal, keterampilan, informasi, pemasaran, teknologi dan sebagainya," ujarnya.

Maka dengan itu, harus adanya peran pemerintahan dalam membantu peningkatan kualitas dan kualifikasi para pelaku UMKM dengan memberikan pendamping misal program pelatihan UMKM dari pencarian dan pengelolaan modal usaha, hingga pemasaran atau promosi. (HENDRI/R)


TAGS:

Berita Terbaru