Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Pemda Lebih Ketat Berikan Izin Kepada Perusahaan

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Juni 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Adanya sejumlah perusahaan besar swasta (PBS) khususnya yang beroperasi di wilayah Kalteng kerap melanggar aturan menjadi perhatian berbagai kalangan terutama Anggota DPRD Kalteng.

Agar persoalan-persoalan yang kerap terjadi itu dapat diminimalisir Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid meminta kepada pemda di provinsi ini supaya bisa lebih ketat dalam memberikan izin kepada perusahaan baik yang baru beroperasi maupun yang akan memperpanjang izinnya.

"Pemberian izin harus ketat dilakukan, tujuannya untuk meminimalisir atau menekan persoalan yang kerap terjadi seperti melanggar aturan. Karena, apabila terus terjadi seperti itu maka daerah dan juga masyarakat akan dirugikan," ucapnya, Rabu, 28 Juni 2023.

Dia mengatakan, sebelum memberikan atau memperpanjang izin beroperasi perusahaan pemda harus benar-benar memperhatikan berbagai hal terkait terutama kepatuhan perusahaan dalam mentaati aturan yang berlaku misalnya merealisasi plasma maupun CSR.

Selain itu, perusahaan juga diingatkan kembali terkait pengelolaan limbah jangan sampai membuang disembarangan tempat, sebab itu akan mengakibatkan pencemaran lingkungan, begitu juga terkait reklamasi atau reboisasi untuk menjaga keseimbangan hutan serta meminimalisir terjadinya bencana alam.

"Jika perusahaan berkomitmen menaati setiap aturan itu tidak masalah izin diberikan, namun jika dikemudian hari melanggar beri tindakan tegas, cabut izinnya. Kita sebenarnya tidak anti investasi, tapi disini aturan harus ditaati dan keberadaan perusahaan harus sama-sama saling menguntungkan," tegasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru