Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran Mesti Dimaksimalkan Untuk Penanganan Kesehatan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Juni 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mengatakan anggaran khususnya pada sektor kesehatan mesti harus dapat dimaksimalkan untuk penanganan kesehatan di Kalteng.

Ia menyebut, masih banyak persoalan kesehatan yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Sehingga, dalam upaya penanganannya perlu anggaran yang maksimal.

"Anggaran untuk penanganan kesehatan harus memadai, stunting, DBD, Rabies dan lain-lain itu pesoalan kesehatan yang perlu ditangani dengan optimal. Kita tentu tidak ingin persoalan kesehatan ini ada yang terabaikan," ucapnya, Rabu, 28 Juni 2023.

Selain itu, ketika sudah dianggarkan dalam hal pengelolaan juga harus dilakukan sebaik mungkin jangan sampai ada penyimpangan yang dapat merugikan daerah. Pemantauan dalam penggunaan anggaran harus dilakukan seketat mungkin oleh pihak-pihak terkait.

"Pastinya anggaran untuk penanganan kesehatan, itu tidak sedikit. Dalam hal penggunaan harus transparan dan perlu juga dipantau. Harapan kita penanganan kesehatan di Kalteng bisa dilakukan seoptimal mungkin secara menyeluruh," ujarnya.

Di sisi lain, peningkatan sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan juga perlu diperhatikan dari wilayah perkotaan hingga pedesaan. Begitu juga dengan keberadaan sumber daya kesehatan (SDM) yang hingga sampai saat ini masih banyak kekurangan.

"Kenapa anggaran itu harus dimaksimalkan, sebab perhatian itu dilakukan mulai dari keberadaan sarana atau fasilitas kesehatan itu sendiri dari segi peningkatan, kemudian pemanganan. Inilah yang harus bisa menjadi salah satu fokus pemda saat ini," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru