Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Moderasi Beragama Sebagai Resolusi Mewujudkan Kerukunan di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Juli 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Moderasi beragama telah menjadi salah satu program strategis sebagai resolusi dalam menjaga dan mewujudkan kerukunan umat beragama. Mengiplementasikan nilai-nilai moderasi beragama, Kantor Kemeterian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamandau menggelar Sosialisasi di TPQ Darul Ulum Nanga Bulik, Minggu, 2 Juli 2023.

Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis) Kemenag Kabupaten Lamandau, Salman Azzuhri menjelaskan, moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan perilaku beragama yang moderat dalam beragama. Artinya tidak ekstrim kanan maupun ekstrim kiri.

“Harus saling menghargai antar pemeluk agama yang satu dengan agama yang lain. Moderasi beragama merupakan kunci toleransi dan kerukunan di tengah masyarakat,” sebut Salman.

Moderasi beragama, lanjut dia, harus dapat dijabarkan dalam setiap kegiatan seperti tema ceramah, khutbah, maupun materi pendidikan keagamaan yang dilakukan secara sistematis, baik di satuan atau lembaga pendidikan dan rumah ibadah.

“Sosialisasi moderasi beragama ini dilaksanakan agar kita bisa menerima perbedaan sebagai sebuah keniscayaan yang harus dijalani dengan harmoni dan saling hormat menghormati,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Darul Ulum, Abdul Basyir menyampaikan, pentingnya nilai kebersamaan dalam keberagaman seluruh masyarakat. Ia berharap nilai-nilai yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut bisa terus terjaga tidak hanya hingga saat ini saja, melainkan seterusnya.

“Mari kita mengikat terus kebersamaan harmoni, agar seluruh umat beragama dapat hidup berdampingan secara rukun,” ajaknya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua Yayasan Darul Ulum Kabupaten Lamandau, Kepala TPQ, Ustaz/Ustazah, Santri dan Wali Santri. Selain kegiatan sosialisasi juga dilaksanakan pembagian raport para santri. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru