Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Filipina Dukung Kelanjutan Perundingan CoC Laut China Selatan

  • Oleh ANTARA
  • 11 Juli 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Filipina mendukung kelanjutan perundingan pedoman tata perilaku (Code of Conduct/CoC) di Laut China Selatan (LCS) antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan China.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan pembahasan dan perundingan CoC di LCS, dan kami mungkin akan mengangkat isu ini dalam pertemuan bidang politik keamanan,” ujar Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo ketika ditemui di sela-sela Pertemuan ke-56 Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta, Selasa.

Menurut Manalo, negosiasi CoC akan menjadi proses yang panjang karena ada banyak isu yang harus dicari titik temunya.

“Tetapi saya pikir secara umum sudah ada kemauan politik dari semua pihak untuk menyelesaikan proses ini,” kata Manalo.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa dalam merespons isu LCS, Filipina selalu memprioritaskan sentralitas ASEAN dan memajukan dialog dengan semua mitra wicara, termasuk China.

Filipina merupakan salah satu negara yang kerap berselisih dengan China terkait sengketa LCS. Manila sering melaporkan pergerakan kapal-kapal China di wilayah perairannya serta kegiatan pencarian ikan oleh kapal-kapal dari negara tersebut.

Di lain pihak, China mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh wilayah LCS melalui sembilan garis putus-putus (nine-dash line) yang memotong ZEE Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Padahal, Filipina telah memenangi kasus arbitrase pada 2015 yang membatalkan klaim China di LCS—tempat melintasnya komoditas bernilai sekitar tiga miliar dolar AS setiap tahun.

ANTARA
 

Berita Terbaru