Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudparpora Bartim Adakan TOT untuk Pengelola Destinasi Wisata dan Pokdarwis

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Juli 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur mengadakan Training Of Trainer (TOT) bagi pengelola destinasi wisata dan kelompok sadar wisata atau Pokdarwis, Kamis, 13 Juli 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta itu mengusung tema "Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tingkat Dasar di Wilayah Barito Timur".

Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani menerangkan, TOT bertujuan untuk membekali dan memberikan pemahaman kepada peserta terkait cara pengelolaan pariwisata di desa masing-masing.

"Salah satu materinya adalah pengetahuan dasar ekonomi kreatif pariwisata bagi pengelola destinasi dan pokdarwis," katanya saat membuka kegiatan tersebut di Aula Dinas Pendidikan Barito Timur.

Herawani menuturkan, pada era digital seperti saat ini, insan pariwisata selalu dituntut agar mampu mengoptimalkan untuk memasarkan dan mempromosikan produk wisata, potensi alam, budaya, sejarah, potensi alam serta peluang usaha sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan lapangan kerja bagi lingkungan sekitar.

"Training of trainer bagi pengelola wisata dan Pokdarwis ini mempunyai peran penting dan utama dalam menentukan keberhasilan dalam pembangunan maupun pengelolaan di bidang industri pariwisata ekonomi kreatif," tegas. Herawani.

Pasalnya, dukungan sumber daya manusia sebagai komponen penting untuk menunjukkan kerja, bakat, kreatifitas, inovasi dan semangat berperan mengoptimalkan pengelolaan pariwisata sehingga mampu bersaing secara global.

"Dengan diadakannya training of trainer ini saya berharap dapat membantu seluruh pengelola destinasi wisata, Pokdarwis serta kepala desa agar mampu mengelola dan mengoptimalkan potensi wisata yang ada di desa masing-masing sehingga memiliki daya tarik demi kemajuan kepariwisataan Barito Timur," tandas Herawani.

Pembukaan TOT bagi pengelola destinasi wisata dan Pokdarwis itu juga dihadiri Sekretaris dan Kabid Pariwisata Disbudparpora Barito Timur, narasumber dan undangan lainnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru