Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Lamandau Peringatkan ASN tak Merekayasa SKP

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Juli 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamandau, Irwansyah mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk jujur dalam membuat sasaran kinerja pegawai (SKP), tanpa merekayasa pengisian laporannya.

“Ini kita bicara etos kerja. Harus jujur, kan perlu dipertanyakan kalau laporannya 100 persen tapi di lapangan ditemukan banyak masalah dan tidak sesuai. Makanya kami minta pengisian SKP dilakukan secara jujur. Jangan sampai direkayasa,” kata Irwansyah di Nanga Bulik, Jumat, 14 Juli 2023.

Pembuatan SKP, terang Sekda, bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berdasarkan prestasi kerja. SKP yang dibuat secara objektif dan jujur akan menjadi gambaran bagaimana kinerja masing-masing pegawai.

Irwansyah mengingatkan agar pimpinan satuan organisasi perangkat daerah juga memperhatikan serius masalah ini. Setiap pimpinan sudah seharusnya memeriksa secara teliti SKP setiap pegawai sehingga bisa membandingkannya dengan kinerja secara nyata hasil pemantauan di lapangan.

“Pimpinan kan pasti bisa melihat, apakah SKP pegawainya ini sama dengan kinerja pegawainya selama ini. Kalau ada yang tidak sesuai, jangan dibiarkan karena berdampak juga terhadap kinerja instansi dan pemerintah secara keseluruhan,” bebernya.

Menurut Sekda, kejujuran sangat penting dalam pembuatan SKP karena juga berkaitan dengan hak. Jika pembuatan SKP direkayasa dan tidak sesuai kinerja di lapangan, maka ada potensi sebagian tunjangan yang didapat melalui cara yang tidak benar.

Jika dikaitkan dengan aturan hukum, maka ini bisa menjadi masalah serius. Pembuatan SKP dengan cara yang tidak benar atau tidak sesuai fakta, maka berarti menikmati bagian tunjangan yang seharusnya bukan menjadi haknya.

Ia mengajak seluruh ASN memaknai tunjangan yang diberikan pemerintah sebagai upaya memotivasi kinerja. Untuk itu sudah seharusnya kinerja yang ditingkatkan sehingga pembuatan SKP benar-benar sesuai fakta di lapangan, tanpa ada rekayasa.

“Seluruh ASN diharapkan terus meningkatkan kinerja karena akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan oleh Pemkab Lamandau secara keseluruhan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru