Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP PKK Barito Utara Gelar Lomba Panginan Sukup Simpan

  • Oleh Ramadani
  • 14 Juli 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara  bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat menggelar kegiatan lomba Panginan Sukup Simpan.

Lomba masak ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Barito Utara ke 73 tahun 2023.Kegiatan lomba Panginan Sukup Simpan ini dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara.

Lomba masak Panginan Sukup Simpan ini diikuti peserta dari TP PKK Kecamatan se Barito Utara, Organisasi Wanita, dan Organisasi Masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati mengatakan kegiatan lomba panginan sukup simpan ini merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 Kabupaten Barito Utara.

“Sebagai wujud rasa syukur bahwa Kabupaten Barito Utara telah merayakan hari jadinya yang ke 73 dan juga sebagai momentum untuk memahami budaya dalam melestarikan kearifan lokal dan keanekaragaman pangan yang telah dimiliki sejak nenek moyang pada zaman dahulu,” kata Hj Sri Hidayati, Jumat, 14 Juli 2023.

Panginan Sukup Simpan adalah sajian makan yang beraneka ragam khas Dayak Kalimantan Tengah yang disajikan dalam satu tempat khusus dan biasanya berbentuk seperti tumpeng sehingga bisa disebut dengan Tumpeng Dayak Kalimantan.

Menurutnya Panginan Sukup Simpan disajikan secara lengkap mulai dari menu wajib, menu pilihan dan menu pelengkap. Untuk jenis pangan, sumber karbohidrat, sumber protein juga sumber vitamin dan mineral.

"Kegiatan lomba Panginan Sukup Simpan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas peserta sekaligus memasyarakatkan dan mempromosikan masakan tradisional khas Dayak Kalimantan Tengah menjadi masakan unggulan dengan cita rasa yang memuaskan, penyajian yang menarik dengan kemasan sehat yang modern dan kandungan gizi yang seimbang,” kata Sri Hidayati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terutama kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang telah memberikan dukungan penuh untuk kegiatan lomba ini.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan juri, Camat dan Organisasi Masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan dan memeriahkan kegiatan lomba ini,” kata Hj Sri Hidayati.

Dirinya juga berpesan, agar kegiatan lomba ini tidak hanya selesai dengan berakhirnya dewan juri memberikan nilai dan peserta mendapatkan juara saja, tetapi lebih dari itu akan menjadi pembelajaran dalam kita menyajikan makan yang sehat dengan tidak mengesampingkan nilai budaya luhur yang kita banggakan.

Berita Terbaru