Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Kalteng di Yogyakarta Siap Gelar Festival Mini Isen Mulang

  • 04 April 2016 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Yogyakarta - Meski berada di perantauan, mahasiswa asal Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Yogyakarta tak melupakan hari jadi kampung halamannya.

Menyambut ulang tahun ke-59 Kalteng pada 23 Mei mendatang, mahasiswa asal Bumi Isen Mulang yang diwakili oleh organisasi mahasiswa dari tiap kabupaten/kota se-Kalteng, sepakat akan menggelar Festival Mini Isen Mulang. Kegiatan yang akan digeber di Asrama Mahasiswa Kalteng, di Jalan Pakuningratan, Yogyakarta 14-15 mengusung tema Huma Betang.

Berbagai kegiatan seperti, lomba permainan rakyat (menyumpit, begapok, begasing, menampi), lomba memasak kuliner khas, dan melukis tameng akan mengisi festival budaya Kalteng itu.

Taufan Dwi Pratama, ketua panitia kegiatan itu, mengatakan Festival Mini Isen Mulang juga digelar untuk memperkuat relasi kekeluargaan antarmahasiwa dan warga Kalteng di Yogyakarta.

'Harapan saya adalah setelah Festival Mini Isen Mulang ini diselenggarakan, kita akan semakin solid. Baik dalam organisasi maupun di luar organisasi,' ucap mahasiswa asal Kapuas itu pada Borneonews, akhir pekan lalu.

Menurut Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalimantan Tengah (HPMKT) Yogyakarta, Kamrol Effendi, kegiatan seni-budaya yang digelar di Yogyakarta punya nilai strategis untuk mengenalkan kebudayaan Kalteng secara luas. 'Yogya ini sebagai kota pariwisata dan kebudayaan, maka sangat berpeluang kegiatan kebudayan semacam ini dilihat, bahkan terekspose secara nasional,' ucapnya.

'Besar harapan saya pemprov dan  pemkab/pemkot, bisa memberikan dukungan terhadap pengembangan dan pengenalan kebudayaan Kalteng di Yogyakarta serta daerah-daerah lain, sebagai upaya pengenalan pontensi budaya kita di tingkat nasional,' tandas Kamrol. (Muhammad Yasir/B-10)

Berita Terbaru