Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Balayah Lanting Tahun 2023 Sukses Digelar di Delang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Juli 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sektor pariwisata menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamandau. Untuk menggali sektor tersebut, Pemkab setempat menggelar Festival Balayah Lanting (Bamboo Rafting Fun) Tahun 2023 di Desa Lopus dan Desa Nyalang, Kecamatan Delang.

Ribuan pasang mata tampak antusias menyaksikan Festival Balayah Lanting yang diikuti puluhan lanting dan ratusan peserta. Kesuksesan gelaran acara tersebut diyakini menjadi momen penting untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kecamatan Delang dan sekitarnya.

“Sektor pariwisata menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamandau. Sehingga melalui pariwisata ini dapat kita eksplorasi untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Senin, 24 Juli 2023.

Menurut Hendra, Festival Balayah Lanting menjadi kesempatan berharga bagi pemerintah setempat untuk memperkenalkan wisata yang ada di Kecamatan Delang. Pasalnya, saat ini Pemkab Lamandau sedang gencar-gencarnya mengembangkan sektor unggulan, salah satunya di bidang pariwisata.

Ia berharap Festival Balayah Lanting Tahun 2023 itu, berdampak positif terhadap perkembangan desa-desa yang ada di Kecamatan Delang, terutama peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Ribuan pengunjung yang hadir, kata dia, tentu sangat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penuhnya kafe, warung makan dan usaha suvenir masyarakat sekitar.

“Suksesnya kegiatan festival memberi motivasi untuk masyarakat untuk berkreasi dan terus berinovasi demi kemajuan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lamandau, Yuano menjelaskan, jumlah peserta yang turut meramaikan Festival Balayah Lanting 2023 sebanyak 73 lanting, termasuk disiapkan lanting khusus untuk Bupati Lamandau.

“Meskipun perlu pembenahan, namun secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan sukses,” ungkapnya.

Diketahui, Festival Balayah Lanting di Sungai Delang berhasil menduduki puncak teratas dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru