Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi I DPRD Kalteng diminta Kelola Aset Daerah Dengan Baik

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Juli 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering berharap kepada pemda untuk dapat melakukan pengelolaan terhadap aset daerah dengan baik.

Dia mengatakan, aset daerah merupakan salah satu yang paling penting untuk dikelola dengan baik agar keberadaannya bisa memberikan manfaat bagi pelaksanaan pemerintahan dan tidak merugikan dari segi keuangan.

"Aset itu kan dalam pengadaannya memakai anggaran, jadi aset perlu dikelola jangan sifatnya merugikan. Semua aset itu harus bisa memberikan manfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan," ujarnya, Selasa, 25 Juli 2023.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pemda dalam setiap pengadaan aset agar semua itu benar-benar yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pemerintahan, jangan sampai hanya menjadi beban anggaran daerah.

"Sebelum ada pengadaan aset, itu perlu direncanakan dengan matang, yang mana yang benar-benar dibutuhkan itu yang dianggarakan. Sehingga, pengelolaan aset hingga anggaran dapat dioptimalkan untuk kebutuhan lainnya," jelasnya.

Di sisi lain, dirinya meminta ketika sudah ada aset daerah yang sudah tidak digunakan jangan hanya dilakukan penumpukan, ada baiknya dilelang sehingga anggaran bisa kembali masuk dalam kas daerah untuk pengadaan aset selanjutnya.

"Tidak hanya pada asetnya saja, anggaran yang dihasilkan dari aset ini juga harus dikelola dengan baik. Harapan kita pastinya aset yang dimiliki daerah khususnya Kalteng tidak ada yang hanya membebani anggaran atau tidak bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru