Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MES Kalteng-Pegadaian Kerja Sama Tingkatkan Ekonomi Syariah

  • Oleh ANTARA
  • 30 Juli 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Tengah (Kalteng) dan PT Pegadaian Cabang Pelayanan Syariah (CPS) Kebun Bunga, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjalin kerja sama dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis syariah.

"Kerja sama ini untuk meningkatkan kolaborasi dalam upaya meningkatkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kalimantan Tengah," kata Sekretaris Umum MES Kalteng, Heru Hidayat di Palangka Raya, Minggu.

Di antara upaya itu adalah upaya penambahan modal kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah melalui pola gadai berbasis syariah dan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Juga layanan akses mudah mendapatkan nomor porsi haji dan akses pembiayaan atau bantuan permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, kerja sama juga diperluas melalui kolaborasi seperti program sunatan massal, bantuan perpustakaan, edukasi dan sosialisasi ekosistem dan keuangan syariah dan kegiatan lainnya yang dampaknya dirasakan masyarakat.

Anggota Departemen Edukasi, Literasi dan SDM MES Kalteng, Anang Aria menyatakan pihaknya juga siap berkolaborasi dalam mendukung program Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pelayanan Syariah (CPS) Kebun Bunga, Banjarmasin.

"Kami selalu organisasi yang terus berupaya meningkatkan ekosistem dan keuangan syariah akan selalu siap berkolaborasi dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perekonomian berbasis syariah," kata Anang.

Kepala Departemen Pemasaran dan Penjualan Unit Usaha Syariah PT Pegadaian Tri Antoro  mengatakan, pihaknya terus mengembangkan program kerja sama dan kemitraan bersama berbagai pihak termasuk dengan MES.

"Pegadaian Syariah akan terus melakukan penguatan kerja sama dengan pola pemberdayaan masyarakat atau komunitas yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Pimpinan Cabang Kantor Cabang Pelayanan Syariah (CPS) Kebun Bunga, Banjarmasin Muhammad Ichlas mengatakan pemerintah memiliki kebijakan keuangan syariah termasuk peningkatan inklusi syariah.

Berita Terbaru