Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Buka 1.272 Formasi PPPK 2023, Berikut Rinciannya

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 09 Agustus 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) telah dibuka kembali pada tahun 2023, total formasi pusat dan daerah yaitu jumlah kebutuhan sebanyak 1.030.751 dan jumlah penetapan 572.496. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Aida Lailawati melalui Kasubbid Formasi dan Mutasi Pindah Rendra S Septiawan menyampaikan pengadaan ASN tahun 2023 di Kabupaten Kobar mendapatkan formasi PPPK. 

"Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat jumlah formasi total PPPK 1.272, adapun rinciannya yaitu 600 guru, 468 kesehatan, 204 teknis lainnya," ujarnya pada Rabu, 9 Agustus 2023. 

Rendra mengungkapkan bahwa semua pemerintah daerah di seluruh Indonesia mendapatkan lokasi formasi PPPK. 

"Sepertinya arah kebijakan pemerintah pusat sekarang memang untuk porsi pengadaannya memang lebih ke PPPK, mungkin salah satu pertimbangannya terkait dengan dana pensiun," ungkapnya.

Lanjut, ia mengatakan bahwa dibukanya formasi PPPK 2023 juga lebih mengarah pada perekrutan tenaga yang profesional sehingga pemerintah daerah tidak terlalu dibebani oleh biaya pra jabatan atau pendidikan. 

Kemudian, Rendra menyampaikan bahwa jadwal pendaftaran PPPK 2023 di Kabupaten Kobar sendiri belum diketahui secara resmi. 

"Sampai hari ini belum menerima surat resmi terkait jadwal tahapan pelaksanaan seleksi, tapi yang pasti dua hari ini kita sudah bersurat ke BKN untuk menjadi tempat titik lokasi ujian karena kita punya gedung CAT, kemudian kita juga diminta untuk mengajukan permohonan administrasi karena administrasi inilah yang akan menyeting segala kebutuhan terkait proses pengadaan nanti," ujarnya. 

Sedangkan untuk syarat dan ketentuan pelamar PPPK 2023 juga masih belum diketahui secara resmi. Ia pun mengatakan bagi masyarakat Kobar yang ingin melamar diminta untuk memantau website BKN https://sscasn.bkn.go.id. atau website resmi BKPSDM Kobar https://bkd.kotawaringinbaratkab.go.id.

"PPPK kita selalu update informasi di instagram (@bkpsdmkobar) sama di website BKPSDM, jadi teman-teman yang berminat untuk melamar formasi PPPK yang ada silahkan nanti memantau instagram dan website," pungkas Rendri. (NURITA/J)

Berita Terbaru