Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Heru Hidayat: Peran Serta Masyarakat Penting Cegah Karhutla

  • Oleh Apriando
  • 21 Agustus 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan telah menjadi fokus utama pihak pemerintah dan berbagai instansi terkait dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana alam yang merugikan. Namun, upaya ini tidak dapat berjalan maksimal tanpa peran serta dan kesadaran masyarakat.

H. Heru Hidayat, seorang aktivis lingkungan dan tokoh masyarakat, menegaskan bahwa peran serta masyarakat sangat penting dalam usaha pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

H. Heru Hidayat, ST, M.Pd, menyambut baik berbagai langkah yang telah dilakukan pemerintah dan berbagai pihak dalam mengatasi risiko kebakaran hutan dan lahan. Namun, dia mengingatkan bahwa langkah-langkah tersebut akan lebih efektif jika didukung oleh kesadaran dan kerjasama dari semua pihak, termasuk masyarakat.

Heru memandang peran tokoh agama, adat, perempuan, pemuda, dan jejaring komunitas sebagai elemen penting yang harus bersatu demi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali.

Bukan hanya kerusakan lingkungan yang menjadi dampak dari kebakaran hutan dan lahan, namun dampak-dampak berbahaya yang berjangka panjang seperti kesehatan dan kesulitan akses moda transportasi juga menjadi keprihatinan Heru. Efek ini pada akhirnya dapat berimbas pada kendala ekonomi. Heru mengingatkan bahwa peristiwa kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015, 2017, dan 2019 telah berdampak luas, termasuk pada sektor pendidikan di mana proses belajar mengajar terganggu.


"Kita belajar dari pengalaman, akibat kebakaran hutan dan lahan, menyebabkan semua sektor kehidupan terganggu, dan harapannya tidak akan terjadi kembali di Kalimantan Tengah," ungkap Heru, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 21 Agustus 2023

Dalam menghadapi musim kemarau, Heru mengimbau untuk menghindari melakukan pembakaran hutan dan lahan sembarangan. Tindakan semacam ini memiliki potensi untuk memicu Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) yang berujung pada asap tebal dan gangguan pada berbagai sektor kehidupan.

Ia mengharapkan kerja sama antara masyarakat dan berbagai pihak untuk meningkatkan kesiapan siaga serta mengambil langkah-langkah pencegahan guna mengurangi risiko bencana kebakaran hutan dan lahan di Kota Palangka Raya.

"Melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan lingkungan yang aman, lestari, dan nyaman bagi semua," pungkasnya. (APRIANDO/Y)

Berita Terbaru