Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proyek Multiyears Pada Prinsipnya Berasal dari Uang Rakyat

  • Oleh Marini
  • 25 Agustus 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi IV Dewan Provinsi Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang membidangi pembangunan dan infrastruktur, Tomy Irawan Diran mengatakan bahwa kegiatan tahun jamak atau disebut multiyears.

Adalah pelaksanaan pekerjaan yang mengikat dana anggaran untuk masa lebih dari 1  Tahun Anggaran yang dilaksanakan dan dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Proyek multiyears pada prinsipnya berasal dari uang rakyat," ucapnya, Jumat, 25 Agustus 2023.

Kata wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini menyatakan pembayaran proyek multiyears harus sesuai hasil pekerjaan atau fakta dilapangan, karena yang digunakan adalah uang rakyat. Anggaran yang dikelola sepenuhnya tujuannya untuk rakyat.

"Dan kami sebagai lembaga legislatif memiliki tupoksi dalam bidang pengawasan, apabila proyek multiyears tidak ada kejelasan kami memiliki hak mempertanyakannya," katanya.

Lanjut Tomy, dalam sistem kontrak tahun jamak atau multiyears dapat digunakan untuk penanganan ruas jalan yang memiliki fungsi strategis seperti perkebunan dan pertanian, jalan penghubung menuju provinsi tetangga, maupun jalan penghubung lintas dan jalan menuju outlet pelabuhan laut.

"Bahkan dapat digunakan untuk penanganan jalan rusak berat. Proyek multiyears ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya jangan ada penyelewengan," bebernya.

Dirinya menegaskan, harus ada kepastian dalam pengalokasian dana. Sehingga, penanganan dapat dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan kurun waktu kontrak multiyears dilaksanakan. (MARINI/J)

Berita Terbaru