Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat MB Ketapang Ingatkan Puntung Rokok dan Membakar Sampah Bisa Sebabkan Kebakaran Lahan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Agustus 2023 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat Setiadi mengingatkan masyarakat hal sederhana seperti membuang puntung rokok dan membakar sampah saat ini bisa berakibat kebakaran lahan.

"Seperti di Jalan Kapten Mulyono, Selasa, 22 Agustus 2023, itu karena ada yang membakar sampah," kata Eddy, Jumat, 25 Agustus 2023.

Dia mengatakan, mulanya di jembatan patah, Jalan Kapten Mulyono, ada tempat pembuangan sampah yang telah dibersihkan dan warga dilarang membuang sampah lagi di lokasi tersebut. Lalu warga membuang sampah di sekitar lokasi lapangan di Jalan Kapten Mulyono dan berinisiatif membakarnya. Justru api membesar dan membakar lahan seluas 15 kali 10.

Begitu juga puntung rokok yang dibuang di lahan saat musim kemarau ini api mudah membesar karena tiupan angin.

"Tidak ada asap kalau tidak ada api, diduga kemungkinan ada yang sengaja membakar entah untuk membersihkan lahan atau apa. Tetapi dari 1 lokasi tersebut menjalar ke lokasi lain," tandasnya.

Ia bersyukur di Kecamatan MB Ketapang menjadi salah satu dari 6 kecmatan yang dibentuk Poslap oleh Provinsi Kalimantan Tengah. Paling tidak ini membantu percepat penanganan kebakaran di wilayah tersebut.

"Karena setiap hari ada laporan bahkan yang krmarin walet milik warga hampir terbakar karena menghubungi damkar tak datang lalu menghubungi langsung datang. Mereka sangat berterima kasih. Di Kecamatan MB Ketapang memang ada Karhutla tetapi masih terkendali," jelasnya. (DEWI PATMALASARI)

Berita Terbaru