Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada ISPA Bisa Menyerang Kucing

  • Oleh Marini
  • 26 Agustus 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) menyerang tidak hanya pada manusia saja. Ternyata, penyakit ini juga dapat menyerang hewan peliharaan seperti kucing. Terlebih lagi dengan suhu musim kemarau akhir-akhir ini memang tidak stabil. Bahkan, terjadinya asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang dapat membuat saluran pernafasan kucing dapat terganggu. 

"Cuaca dan kondisi udara yang tidak menentu ini membuat kucing dapat terkena ISPA. Saat kucing beraktivitas ke luar ruangan biasanya akan suka menghirup benda asing. Seperti rumput, serbuk sari, dan sebagainya. Apalagi adanya asap yang membawa partikel debu, zat-zat berbahaya hal itu juga dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada saluran pernafasan kucing," ucap Kepala Seksi Penyedikan Penyakit Hewan Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Palangka Raya, drh. Agnes, Sabtu 26 Agustus 2023.

Kewaspadaan terhadap ISPA sangat penting. Salah satu cara mencegahnya dengan mengurangi aktifitas kucing diluar rumah, meletakkannya di dalam rumah. Serta pemberian vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Dirinya memberitahukan, ciri-ciri kucing terkena ISPA, pada bagian matanya akan berair dan disertai bersin. Tidak hanya itu saja, terdapat pembengkakan atau kemerahan pada selaput di sekitar mata, hidung tersumbat, nafsu makan berkurang, batuk, lemas, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan kucing akan mengalami kesulitan bernapas.

"Untuk pecinta hewan kucing apalagi menemukan gejala tersebut, segera periksa kucingnya ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan penanganan," terangnya. (MARINI/J)

Berita Terbaru